Senin, 11 April 2016

Pest Control

Jasa Yang Ditawarkan :  Pest Control

Pest control dalam bahasa indonesia adalah Pengendalian hama, adalah proses mengurangi atau mematikan berbagai serangga dan hama lainnya yang tidak diinginkan baik itu di dalam rumah atau ruangan yang menyimpan barang yang berharga seperti gudang, dan tentu saja di daerah persawahan yang banyak kita jumpai berbagai hama seperti tikus. Hama sering kita jumpai di di rumah , di tempat usaha , atau di sebuah bangunan publik . Mengendalikan hama biasanya melibatkan menggunakan beberapa jenis insektisida untuk mencegah mereka memasuki ruang , dan untuk membunuh hama yang ada dalam ruang.

NYAMUK "


Perilaku Nyamuk

Perilaku nyamuk berbeda untuk masing-masing spesiesnya, sebagai contoh nyamuk demam berdarah aktif pads Siang hari, sedangkan nyamuk rumah aktif pads matam hari. Tempat berkembang biak nyamuk demam berdarah pads air bersih, sedangkan nyamuk rumah pads air yang banyak mengandung bahan organic, seperti saluran pembuangan air, got-got dtl.

Nyamuk menyukai tempat yang lembab, gelap dan kurang angina tempat istirahatnya tidak jauh dari tempat beraktivitas, mempunyai kemampuan terbang sampai 10­36 km, dengan siklus hidup 10-14 hari. Disamping itu, nyamuk sangat tertarik oleh suhu badan manusia.

Jenis Nyamuk
Terdapat tiga spesies yang umum dijumpai, yaitu
1.                    Nyamuk Malaria (Anopheles Sp)
2.                    Nyamuk Demam Berdarah (Aedes Aegipty)
Nyamuk Rumah (Culex Pipiens)
masalah  yang ditimbulkan :
1.           Merupakan vector dari penyakit-penyakit yang membahayakan, seperti : malaria, demam berdarah ataupun kaki gajah.
2.           Keberadaannya mengganggu kehidupan manusia, khususnya apabila suara bising yang dikeluarkan dan gigitan nyamuk.

3.           Indikator kurang baiknya sanitasi ditempat tersebut.



KECOA " Perilaku Kecoa
Kecoa adalah serangga kosmopolitan dan merupakan binatang malam yang sangat senang akan tempat-tempat lembab, kotor, dan banyak terdapat sisa makanan. Tempat hidup kecoa antara lain : c&ah-celah di sekitar pembuangan air timbah, di dapur, tempat pembuangan sampah, gudang makanan, lemari makan atau di toil&. Kecoa sangat cepat perkembangbiakannya, pertahunnya seekor kecoa b&ina dapat menghasilkan 4-8 Otheca dan satu capsul t&ur kecoa dapat menampung 38 - 42 t&ur kecoa
Jenis Kecoa
Terdapat tiga spesies utama yang umum dijumpai, yaitu
1.           Kecoa Amerika (Periplan&a Americana)
2.           Kecoa Jerman (Btatella Germanica)
3.           Kecoa Timur (Blatta Orientalis)
Masalah yang ditimbulkan -.
1.           Merupakan vector pmbawa penyakit seperti : diare, keracunan makanan akibat bakteri Staphylococcus Sp, d1l.
2.           Indikator kurang baiknya sanitasi di tempat tersebut.

SEMUT "
Perilaku Semut

Semut selalu meninggatkan jejak berupa feromon yang merupakan atat p&unjuk bagi semut lainnya untuk mengikuti jejak rekannya. Semut sangat tertarik dengan makanan yang aromatik dan manis. Menyukai tempat yang lembab dan sarang biasanya terdapat pads c&ah dekat sumber makanan balk yang berupa cair maupun padat.

Jenis Semut
Terdapat empat spesies yang umum dijumpai, yaitu
1.             Semut Hitam (Lasius Niger)
2.             Semut Api (Solenopsis Spp)
3.             Semut Pharaoh's (Monomorium p)
Semut Lapangan (Formica Spp)
Masalah yang ditimbulkan :
1.           Beberapa spesies semut yang dapat menggigit dan menyengat.
2.           Keberadaannya mengganggu kehidupan manusia.
3.           Membuat pemandangan atau dekorasi ruangan menjadi tidak sedap untuk dipandang.
4.           Indikator kurang baiknya sanitasi ditempat tersebut.

LALAT " Perilaku Lalat

Lalat aktif hanya di slang hari, sedangkan pada malam hari, mereka akan beristirahat di tempat-tempat seperti : tanaman, pagar, langit-langit, kabel listrik dan sudut bangunan. Lokasi istirahatnya tidak jauh dari lokasi mereka mencari makan, biasanya 1-3 m&er di atas permukaan tanah.
Sesuai dengan bentuk mulutnya, lalat hanya makan datam bentuk cairan atau makanan basah dengan cars menghisap. Air merupakan sesuatu yang vital bagi kehidupan tatat, karena tanpa air lalat hanya bertahan hidup tidak lebih dari 48 jam. Latat sangat menyukai berbagai macam sayuran dan buah buahan, Daging segar Ikan, Sampah, kotoran Manusia dan binantang atau bangkai umumnya  dapat menelurkan telurnya 
Jenis Lalat
Trdapat 4 spesies yang umum di jumpai :
  1. Lalat Rumah (Musca Domestic)
  2. Lalat Hijau (Cecelia Sericata)
  3. Lalat Biru ( Calliphora Erythrocephala)
  4. Lalat Buah ( Drosophila sp)
Masalah yang ditimbulkan :
1.               Merupakan vektor pembawa penyakit seperti : thypoid, demam, dan kolera.
2.               Mengkontaminasi makanan dan minuman.
3.               Keberadaanya mengganggu kenikmatan hidup manusia.
Indikator kurang baiknya sanitasi di tempat tersebut
"TIKUS "  Perilaku Tikus
Salah sate kebiasaan tikus yang merugikan adalah mengasah gigi depannya agar tidak tumbuh menembus rahangnya. Hal ini dapat ditakukan pads kebel-kabel listrik atau komputer, pintu yang terbuat dari kayu, pipa air, pipa listrik dll. Dimanapun ia bisa mengerat, maka ia akan mengerat. Bahkan ia dapat membuat lubang yang dapat merusak pondasi rumah.
Perilaku lain dari tikus adalah bait shyness, kecurigaanya terhadap hat yang barn, sehingga tikus tidak mudah dijebak atau di beri racun bila mereka melihat bahwa tikus lainnya mati karena memakan racun tersebut sek&ika. Selain itu tingkat adaptasi tikus
sangat tinggi sehingga penggunaan electromagn& untuk mengusir tikus hanya akan efektif untuk beberapa saat Baja.
Dalam kondisi ideal, sepasang tikus dapat berkembang biak menjadi 2.000 ekor per tahun. Faktor yang sangat berpengaruh dalam pengembangbiakan tikus adalah makanan.
Mencari makan pads malam hari dengan mengandalkan indera peraba dan penciumannya. Makanan favorit tikus adalah biji-bijian. Kerugian mated dan bahaya penyakit yang dapat ditimbulkannya merupakan hat yang perlu dipertimbangkan untuk mengendalikan perkembangannya.
Jenis Tikus
Terdapat tiga spesies yang umum yaitu
1.               Tikus Atap (Rattus Rattus)
2.               Tikus Rumah ( Mus Musculus) dan
3.               Tikus Got (Rattus Novergicus)





Termite Control adalah suatu pengendalian hama terhadap rayap-rayap meliputi pembasmian dan pencegahannya terhadap serangan rayap, baik itu rayap tanah ( Coptotermes Curvignathus, Schedorhinotermes ) maupun rayap kayu ( Microtermes, Macrotermes, Cryptotermes ).
Dalam prakteknya atau perlakuan Termite Control di bagi menjadi 2 ( dua ) perlakuan, yaitu Perlakuan Prakonstruksi dan Pascakonstruksi.
pengendalian hama rayap secara keseluruhan ( termite full proofing ) untuk pondasi dan plafon jenis treatment yng di sediakan utuk bangunan pra kontruksi dengan menawarkan garansi 1 sampai 3 tahun (Tergantung jenis termitisida).





2.  PROGRAM PENGENDALIAN  HAMA PT RESIK NYAMAN SEJAHTERA
A.          Hama Yang Dikendalikan
Hama utama yang dikendalikan oleh PT.RESIK NYAMAN SEJAHTERA  adalah :
1.  Tikus                      Tikus got, tikus rumah, dan tikus atop
2.  Kecoa                     Kecoa jerman, kecoa americans dan kecoa timur
3.  Semut                     Semut hitam, semut api, semut paraoh dan semut lapangan
4.     Lalat                     Lalat hijau, lalat biru, lalat rumah dan tatat bush
5.     Nyamuk                Nyamuk rumah, nyamuk malaria dan nyamuk demam berdarah.
B.          Lokasi/Wilayah Yang Dilakukan Pekerjaan
Area / wilayah yang dilakukan pengerjaan pengendalian populasi serangga dan hama (pest & rodent control) meliputi area luar dan dalam bangunan.
C.          Bohan Kimia
Penggunaan bahan kimia sesuai dengan standar yang biasa digunakan seperti :
1. Pest Control
a.                   Dictorvos (Provap, 200 EC)
b.                   Z&a Syperm&rin (Mustang 25 EC)
C.        Bifentrin (Bistar 12,5 g/t )
d.         Siperm&rin (Cynoff 25 g/t )
2. Rodent Control
a.                   Brodifacoum (Kierat RM-B)
b.                   Coumat&ratyt (Racumin)
C.        Lem Tikus Tube.
3. Animal Control
a.                   Sulfur
b.                   Potasium Karbonate, &c.
CATATAN
1.            Semua rodentisida yang digunakan telah terdaftar di Komisi Pestisida Indonesia.
2.            Penggunaan alai dan bahan disesuaikan dengan hasil inspeksi teknisi PT.RESIK NYAMAN SEJAHTERA di lapangan.

D.         System Pelaksanaan
Program pengendalian populasi serangga dan hams (pest dan rodent control), kami terapkan dengan m&ode ,
'NON STATION SYSTEM' yaitu p&ugas PT.RESIK NYAMAN SEJAHTERA akan melaksanakan tindakan pest control dan rodent control dengan mass kunjungan :
x Kunjungan dalam sebulan yaitu 8 (delapan) (Spraying, Baiting) dan 1 (satu) Fogging/ Cold fog
Atau
v 4 x Kunjungan dalam sebulan yaitu 4 (empat) x (Spraying, Baiting) dan 1 (satu) x Fogging/ Cold fog
Jadwal kunjungan reguler berdasarkan koordinasi dan p&unjuk dari management agar tidak mengganggu aktifitas tamu/staff (fleksibel).
Waktu treatment 1-2 jam/kunjungan (sesuai dengan tingkat pekerjaan yang ada). Spesifikasi pekerjaan : Spraying (Penyemprotan), Baiting (Umpan) & Fogging (Pengasapan)/ cold fog.
E.              Prosedur Loporan
PT. RESIK NYAMAN SEJATERA pada setiap pelaksanaan akan selalu membawa check list / work order atau slip bukti pekerjaan pest dan rodent control untuk memastikan bahwa semua area di dalam dan luar gedung / bangunan sudah dicek dan dilakukan tindakan yang dianggap perlu untuk mengurangi masalah serangga dan hama. Apabila pekerjaan telah selesai p&ugas akan membawa check list / work order tersebut kepada management untuk dimintai paraf.
F.      Sistem Kontrak
Mengingat kemungkinan adanya re-infestasi hama dari luar dan perkembangbiakan hama yang cepat, maka pengendalian hama yang efektif sebaiknya dilakukan secara berkesinambungan. Pengendalian yang direkomendasikan PT.RESIK NYAMAN SEJAHTERA  adatah sistem kontrak dengan treatment minimal 1 tahun, yang meliputi :
Ø Initial Treatment
Usaha pengendalian hama pada butan pertama, dengan tujuan untuk mengendalikan seluruh hama yang ada pada suatu area tertentu.

Ø Regular Treatment
Usaha pengendalian hama pada bulan II - X11 dengan tujuan untuk menghindari dan mengendalikan re-investasi hama dari luar.





Tidak ada komentar:

Posting Komentar